Materi Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 Semester 2 dan 1

Materi Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 – RumusKimia kali ini akan berbagi materi Kimia kelas 11 Kurikulum 2013 untuk tingkat SMA/MA. Diketahui bahwa saat ini penerapan Kurikulum 2013 atau K13 diberbagai tingkatan sekolah/madrasah telah diberlakukan secara nasional. Pemerintah selalu berusaha memberika suport terhadap pemberlakuan Kurikulum 2013 untuk berbagai mata pelajaran termasuk pelajaran Kimia melalui penyediaan buku-buku berstandar Nasional dalam cakupan Kurikulum 2013.

Sebagai segelintir orang yang bergelut di dunia Pendidikan, kami juga mencoba untuk berbagi Materi Kimia Kurikulum 2013 mulai dari kelas 10, 11, dan 12 melalui media pembelajaran secara online. Khusus pada kesempatan ini, akan kami bagikan materi kimia kelas 11 Kurikulum 2013.

Materi Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013

Materi kimia yang terdapat dalam kurikulum 2013 tidaklah berbeda dengan materi-materi kimia kurikulum-kurikulum yang telah diberlakukan sebelumnya seperti KTSP. Namun ada beberapa hal yang membedakan, salah satunya penyajian materi dalam proses belajar sehari-hari di sekolah/madrasah serta proses penilaian terhadap peserta didik. Nach berikut ini materi Kimia kelas 11 semester 1, dan semester 2 kurikulum 2013:
Materi Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013
Materi Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013

Materi Kimia Kelas 11 Semester 1 Kurikulum 2013

Senyawa Hidrokarbon

Minyak bumi

Termokimia

Laju Reaksi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Kesetimbangan Kimia dan Pergeseran Kesetimbangan

Materi Kimia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013

Asam dan Basa

Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam 

Larutan Penyangga

Titrasi

Kesetimbangan  Kelarutan

Sistem Koloid

Peran Ilmu Kimia

Kimia sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam diperoleh dan dikembangkan berdasarkan percobaan untuk mencari jawaban atas pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana tentang gejala-gejala alam khususnya yang berkaitan dengan komposisi, struktur, sifat, transformasi, dinamika dan energetika zat. Selain berperan untuk memahami berbagai gejala alam, ilmu kimia juga sangat membantu dan menyumbang terhadap penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, seperti biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan seperti pertambangan, pertanian, kesehatan, perikanan dan teknologi.

Itulah beberapa Materi Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 baik semester 1 maupun semester 2 yang dapat dibagikan pada kesempatan kali ini. Namun kami tetap menyadari bawha materi yang kami bagikan di atas jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kami tetap mengharapkan saran yang bersifat membangun jika terdapat kekeliruan dalam penjelasan-penjelasan materi kimia Kurikulum 2013 di atas. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel