Perbedaan Larutan Asam dan Basa

Perbedaan Larutan Asam dan BasaRumusKimia.net kali ini akan update materi kimia mengenai perbedaan larutan asam dan basa. Untuk mengenal dan mengetahui perbedaannya secara umum, berikut ulasan tentang larutan keduanya yaitu asam dan basa.
Sifat Larutan Asam dan Basa - Perbedaan Larutan Asam dan Basa

1. Larutan Asam - Perbedaan Larutan Asam dan Basa

Asam (yang sering diwakili dengan rumus umum HA) secara umum merupakan senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. Dalam definisi modern, asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa.

Suatu asam bereaksi dengan suatu basa dalam reaksi penetralan untuk membentuk garam. Contoh asam adalah asam asetat (ditemukan dalam cuka) dan asam sulfat (digunakan dalam baterai atau aki mobil).

Asam umumnya berasa masam, tapi cairan asam pekat sangat berbahaya dapat merusak kulit dan hati-hati mata, jika terpercik asam pekat bisa berakibat kebutaan. Jika kena asam pekat harus langsung dicuci dengan air mengalir sampai benar-benar bersih.


2. Larutan Basa

Definisi umum dari basa adalah senyawa kimia yang menyerap ion hidronium ketika dilarutkan dalam air. Basa adalah lawan (dual) dari asam, yaitu ditujukan untuk unsur/senyawa kimia yang memiliki pH lebih dari 7. Kostik merupakan istilah yang digunakan untuk basa kuat.

Basa dapat dibagi menjadi basa kuat dan basa lemah. Kekuatan basa sangat tergantung pada kemampuan basa tersebut melepaskan ion OH dalam larutan dan konsentrasi larutan basa tersebut.

Perbedaan Larutan Asam dan Basa

Setelah menyimak penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Perbedaan Larutan Asam dan Basa seacara umum yaitu:
Basa merupakan senyawa kimia yang menyerap ion hidronium ketika dilarutkan dalam air yang beranggotakan unsur/senyawa kimia yang memiliki pH lebih dari 7. Sedangkan Asam merupakan senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan melepaskan proton (ion H+) yang beranggotakan unsur/senyawa kimia yang memiliki pH kurang dari 7.
Jelas bukan! Demikian penjelasan mengenai Perbedaan Larutan Asam dan Basa yang dapat dibagikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter