Pengertian dan Macam-macam Isomer

Isomer – Kali ini RumusKimia.net akan berbagi penjelasan mengenai pengertian dan macam-macam isomer. Kebanyakan isomer memiliki sifat kimia yang mirip satu sama lain. Juga terdapat istilah isomer nuklir, yaitu inti-inti atom yang memiliki tingkat eksitasi yang berbeda. Contoh sederhana dari suatu isomer adalah C3H8O. Terdapat 3 isomer dengan rumus kimia C3H8O, yaitu 2 molekul alkohol dan sebuah molekul eter. Dua molekul alkohol yaitu 1-propanol (n-propil alkohol, I), dan 2-propanol (isopropil alkohol, II). Pada molekul I, atom oksigen terikat pada karbon ujung, sedangkan pada molekul II atom oksigen terikat pada karbon kedua (tengah). Kedua alkohol tersebut memiliki sifat kimia yang mirip. Sedangkan isomer ketiga, metil etil eter, memiliki perbedaan sifat yang signifikan terhadap dua molekul sebelumnya. Senyawa ini bukan sebuah alkohol, tetapi sebuah eter, di mana atom oksigen terikat pada dua atom karbon, bukan satu karbon dan satu hidrogen seperti halnya alkohol. Eter tidak memiliki gugus hidroksil.
Lihat Juga:

Isomer

Pengertian Isomer adalah dua senyawa atau lebih yang mempunyai rumus kimia sama tetapi mempunyai struktur yang berbeda.

Macam macam Isomer

Secara garis besar isomer dibagi menjadi dua, yaitu isomer, struktur, dan isomer geometri.

1. Isomer Struktur
Isomer struktur dapat dikelompokkan menjadi: isomer rangka, isomer posisi, dan isomer gugus fungsi.
a. Isomer rangka adalah senyawa-senyawa yang mempunyai rumus molekul sama tetapi kerangkanya berbeda. Contoh pada alkana, alkena, dan alkuna.

Isomer

b. Isomer posisi adalah senyawa-senyawa yang memiliki rumus molekul sama tetapi posisi gugus fungsinya berbeda. Contoh pada alkena dan alkuna.

1) Butena (C4H8)
CH2 CH-CH2-CH3 1-butena
CH3-CH CH-CH3 2-butena
2) Butuna(C4H6)
CH C-CH2-CH3 1-butuna
CH3-C C-CH3 2-butuna
c. Isomer gugus fungsi adalah senyawa-senyawa yang mempunyai rumus molekul sama tetapi gugus fungsinya berbeda. Contoh pada alkuna dan alkadiena.

Propuna (C3H4)
CH C-CH3 propuna
CH2=C=CH2 1,2-propadiena

2. Isomer Geometri
Isomer geometri adalah senyawa-senyawa yang mempunyai rumus molekul sama tetapi struktur ruangnya berbeda. Contoh pada alkena mempunyai 2 isomer geometri yaitu cis dan trans.

Isomer

Demikian penjelasan Pengertian dan Macam-macam Isomer pada kesempatan kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Jadi sebagai kesimpulan bahwa isomer adalah senyawa-senyawa yang mempunyai rumus molekul sama tetapi strukturnya berbeda. Isomer dibagi 2 yaitu isomer struktur dan isomer geometri. Isomer struktur dibagi 3 yakni isomer rangka, isomer posisi, dan isomer gugus fungsi.

[Pustaka: Isomer dalam Rumus Kimia; Kimia SMA/MA Kelas X]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter