Pengertian Koloid

Pengertian KoloidRumusKimia.net akan berbagi materi kimia tentang pengertian koloid. Setelah sebelumnya telah dijelaskan Sistem Koloid, Sifat sifat Koloid, dan Macam macam Koloid. Untuk mengerti dan mengetahui dengan pasti dari pengertian koloid itu, terlebih dahulu sahabat harus memahami sedikit studi kasus mengenai koloid berikut.
Pengertian Koloid
Pengertian Koloid

Bukan Koloid - Pengertian Koloid

Apabila kita mencampurkan gula dengan air, ternyata gula larut dan kita memperoleh larutan gula. Di dalam larutan, zat terlarut tersebar dalam bentuk partikel yang sangat kecil, sehingga tidak dapat dibedakan lagi dari mediumnya walaupun menggunakan mikroskop ultra. Larutan bersifat kontinu dan merupakan sistem satu fasa (homogen). Ukuran partikel zat terlarut kurang dari 1 nm (1 nm = 10–9 m). Larutan bersifat stabil (tidak memisah) dan tidak dapat disaring.

Koloid

Di lain pihak, jika kita mencampurkan tepung terigu dengan air, ternyata tepung terigu tidak larut. Walaupun campuran ini diaduk, lambat laun tepung terigu akan memisah (mengalami sedimentasi). Campuran seperti ini kita sebut suspensi. Suspensi bersifat heterogen dan tidak kontinu, sehingga merupakan sistem dua fasa. Ukuran partikel tersuspensi lebih besar dari 100 nm. Suspensi dapat dipisahkan dengan penyaringan.

Selanjutnya, jika kita mencampurkan susu (misalnya, susu instan) dengan air, ternyata susu “larut” tetapi “larutan” itu tidak bening melainkan keruh. Jika didiamkan, campuran itu tidak memisah dan juga tidak dapat disaring (hasil penyaringan tetap keruh). Secara makroskopis campuran ini tampak homogen.

Akan tetapi, jika diamati dengan mikroskop ultra, ternyata masih dapat dibedakan partikel-partikel susu yang tersebar di dalam air. Campuran seperti inilah yang disebut koloid. Ukuran partikel koloid berkisar antara 1 nm – 100 nm. Jadi, koloid tergolong campuran heterogen dan merupakan sistem dua fasa.

Kesimpulan Mengenai Pengertian Koloid

"Pengertian Koloid adalah suatu bentuk campuran dua atau lebih zat yang bersifat homogen namun memiliki ukuran partikel terdispersi yang cukup besar (1 - 1000 nm) artinya jika diamati dengan mikroskop ultra, masih dapat dibedakan partikel-partikel yang telah tercampur".
Lihat juga: Titrasi Asam Basa.
Nach sudah tahukan pengertian koloid. Yup demikian penjelasan kali ini dari RumusKimia.net, semoga berkah dan bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter