Reaksi Endoterm Lengkap Contohnya

Reaksi Endoterm – Pengertian reaksi endoterm merupakan reaksi yang menyebabkan adanya transfer kalor dari lingkungan ke sistem atau secara singkat dapat dikatakan bahwa reaksi endoterm merupakan reaksi yang sistemnya menyerap kalor. Salah satu ciri khas reaksi endoterm adalah selama reaksi berlangsung terjadi penurunan suhu sehingga untuk kembali dalam keadaan suhu awal, sistem harus menyerap kalor.
Reaksi Endoterm
Reaksi Endoterm
Reaksi endoterm ditandai dengan adanya penurunan suhu sistem. Dengan demikian kalor dipindahkan dari lingkungan ke dalam sistem reaksi. Reaksi endoterm mempunyai entalpi bernilai positif (ΔH > 0). Energi yang dilepaskan lebih kecil daripada energi yang digunakan saat reaksi.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa perubahan entalpi suatu sistem dirumuskan:
∆H = Hakhir – Hawal
Oleh karena itu, pada reaksi eksoterm dimana setiap melepas kalor, kandungan kalor sistem berkurang, atau entalpi sebelum reaksi (keadaan awal) lebih besar daripada setelah reaksi (keadaan akhir).
Hawal > Hakhir
Oleh karena ∆H = Hakhir – Hawal, ∆H mempunyai nilai negatif, atau ∆H < 0

Hal yang sama terjadi pada reaksi endoterm, dimana:
Hawal < Hakhir
dan ∆H akan mempunyai nilai positif, atau: ∆H > 0
Lihat juga:

Contoh Reaksi Endoterm

1. Reaksi antara amonium tiosianat (NH4SCN) dan bariumhidroksida dekahidrat (Ba(OH)2OH), peristiwa pembekuan esserta reaksi antara barium hidroksida (Ba(OH)2) dan amoniumklorida (NH4Cl) yang ditambahkan sedikit air sesuai dengan reaksi:
Ba(OH)2(s) + 2NH4Cl(s) + air  → BaCl2(aq) + 2NH4OH(aq)
2. Contoh lain dari reaksi endoterm adalah reaksi pembentukan nitrogen oksida dari gas nitrogen dan oksigen sebagai berikut:
N2 (g) + O2 (g) → 2NO (g) ΔH = +180,5 kJ/mol

Contoh lain dari reaksi endoterm yaitu:

  1. Fotosintesis
  2. Cracking alkana
  3. Reaksi dekomposisi termal
  4. Es batu meleleh
Demikian penjelasan mengenai Reaksi Endoterm yang dapat kami share pada kesempatan kali ini. Sahabat juga dapat mempelajari materi kimia lainnya hanya di RumusKimia.net. Namun tetap kami sangat mengharapkan saran yang bersifat membangun dari sahabat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter