Kegunaan Larutan Penyangga

Kegunaan Larutan Penyangga – Ada beberapa kegunaan larutan penyangga yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup. Kebanyakan reaksi-reaksi biokimia dalam tubuh makhluk hidup hanya dapat berlangsung pada pH tertentu. Oleh karena itu, cairan tubuh harus merupakan larutan penyangga agar pH senantiasa konstan ketika metabolisme berlangsung.
Kegunaan Larutan Penyangga
Kegunaan Larutan Penyangga
Dalam keadaan normal, pH dari cairan tubuh termasuk darah kita adalah 7,35 – 7,5. Walaupun sejumlah besar ion H+ selalu ada sebagai hasil metabolisme dari zat-zat, tetapi keadaan setimbang harus selalu dipertahankan dengan jalan membuang kelebihan asam tersebut. Hal ini disebabkan karena penurunan pH sedikit saja menunjukkan keadaan sakit.

Untuk itu tubuh kita mempunyai hal-hal berikut sebagai Kegunaan Larutan Penyangga dalam tubuh:

1. Sistem buffer, untuk mempertahankan pH tubuh agar tetap normal.

2. Sistem pernapasan.

Di sini dipakai buffer H2CO3/HCO3-
Misalnya konsentrasi H3O+ dalam darah naik, berarti pH-nya turun.
H3O+  + HCO3-   H2CO3  +  H2O
Bila pH turun maka pusat pernapasan kita akan dirangsang, akibatnya kita bernapas lebih dalam sehingga kelebihan CO2 akan dikeluarkan melalui paru-paru. Sedangkan bila konsentrasi OH- naik
H2CO3+  + OH-   HCO3-  +  H2O
Karena kemampuan mengeluarkan CO2 ini, maka bufer H2CO3 dan HCO3- paling baik untuk tubuh.

3. Pada Ginjal - Kegunaan Larutan Penyangga

Ginjal kita juga menolong untuk mengatur konsentrasi H3O+ dalam darah agar tetap konstan, dengan jalan mengeluarkan kelebihan asam melalui urine, sehingga pH urine dapat berada sekitar 4,8 – 7,0.

Kegunaan larutan penyangga tidak hanya terbatas pada tubuh makhluk hidup. Reaksi-reaksi kimia di laboratorium dan di bidang industri juga banyak menggunakan larutan penyangga. Reaksi kimia tertentu ada yang harus berlangsung pada suasana asam atau suasana basa. Buah-buahan  dalam kaleng perlu dibubuhi asam sitrat dan natrium sitrat untuk menjaga pH agar buah tidak mudah dirusak oleh bakteri.
Demikian penjelasan materi kimia tentang kegunaan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup, semoga bermanfaat.

Sumber: RumusKimia.net

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter