Reaksi Eksoterm Lengkap Contohnya

Reaksi Eksoterm – Dalam materi termokimia dikenal istilah reaksi eksoterm dimana memiliki pengertian yaitu kalor yang dihasilkan oleh suatu proses pembakaran dipindahkan dari sistem ke lingkungannya atau reaksi yang melepas kalor. Dengan kata lain yaitu suatu reaksi yang menghasilkan kalor. Sebagai contoh yaitu pada reaksi pembakaran yang terjadi pada api adalah reaksi eksoterm sehingga akan melepaskan energi ke sekelilingnya.
Reaksi Eksoterm
Salah satu contoh reaksi eksoterm yaitu kumpulan kertas yang terbakar
Reaksi eksoterm selalu ditandai dengan adanya kenaikan suhu sistem saat reaksi berlangsung. Perubahan entalpi dihitung dengan perhitungan berikut ini:
ΔH = energi untuk memutus ikatan - energi untuk membuat produk reaksi
Dengan demikian, perubahan entalpi bertanda negatif (ΔH < 0). Hal ini dikarenakan energi yang dilepaskan lebih besar daripada energi yang digunakan untuk reaksi. 

Contoh Reaksi Eksoterm

Salah satu contoh reaksi eksoterm yaitu reaksi pembentukan air dari hidrogen dan oksigen sebagai berikut: 
2H2 (g) + O2 (g) → 2H2O (g)                               ΔH = -483,6 kJ/mol 

Contoh lain dari reaksi eksoterm yaitu:

  1. Reaksi pembakaran
  2. Reaksi netralisasi asam dan basa
  3. Reaksi korosi seperti oksidasi logam
  4. Reaksi polimerisasi
  5. Respirasi
  6. Dekomposisi tumbuhan menjadi kompos
Pada dasarnya, perubahan entalpi terjadi karena adanya perpindahan energi antara sitem dan lingkungan. Sistem adalah sesuatu yang menjadi pusat perhatian dan pengamatan dalam suatu reaksi, sedangkan lingkungan adalah segala hal yang berada di luar suatu sistem. Contohnya, jika HCl direaksikan dengan NaOH, maka yang merupakan sistem adalah HCl dan NaOH, sedangkan tabung reaksi, suhu udara, tekanan udara merupakan lingkungan.

Berdasarkan adanya perpindahan energi dari sistem ke lingkungan atau sebaliknya, reaksi termokimia dikelompokan menjadi reaksi eksoterm dan endoterm. Dimana untuk reaksi eksoterm telah dijelaskan di atas. Jadi sekali lagi kami jelaskan bahwa salah satu ciri reaksi eksoterm adalah selama proses reaksi berlangsung, suhu sistem mengalami kenaikan.

Nach demikian penjelasan dari materi kimia kali ini mengenai Reaksi Eksoterm. Dan semoga penjelasan di atas dapat dengan mudah dimengerti dan menjadi salah satu tambahan referensi bagi sahabat. – Rumus Kimia

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter