Materi Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013

Materi Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 – Berikut ini kami akan berbagi materi Kimia kelas 10 Kurikulum 2013 untuk tingkatan SMA/MA. Sebagaimana diketahui bersama bahwa pemberlakuan Kurikulum 2013 merekomendasikan pendekatan saintifik atau pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sebagai proses membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Pendekatan saintifik merupakan pengorganisasian pengalaman belajar dengan urutan logis meliputi proses pembelajaran yang meliputi: mengamati; menanya; mengumpulkan informasi/mencoba; menalar/mengasosiasi; dan mengomunikasikan.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Materi Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013

Berikut ini kumpulan materi Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 yang terdiri dari dua semester yaitu materi Kimia kelas 10 semester 1 kurikulum 2013, dan materi Kimia kelas 10 semester 2 kurikulum 2013:
Materi Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013
Materi Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013

Materi Kimia Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013

Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia,  keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium, serta peran Kimia dalam kehidupan

Struktur Atom dan Tabel Periodik

Materi Kimia Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013

Ikatan Kimia, Bentuk Molekul, dan Interaksi Antarmolekul 

Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit

Reaksi Reduksi dan Oksidasi serta Tata nama Senyawa

Hukum-hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri

Kompetensi yang Dapat Dicapai Setelah Mempelajari Kimia Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah

Setelah peserta didik mengikuti pembelajaran Kimia di SMA/MA diharapkan memiliki kompetensi yang mencakup kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan sebagai berikut ini.
  1. Menjalani kehidupan dengan sikap positif dengan daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaboratif, disertai kejujuran dan keterbukaan, berdasarkan potensi proses dan produk kimia;
  2. Memahami fenomena alam di sekitarnya, berdasarkan hasil pembelajar¬an sains melalui bidang-bidang Kimia;
  3. Membedakan produk atau cara yang masuk akal dengan produk atau cara yang tidak bersesuaian dengan prinsip-prinsip Kimia;
  4. Mengambil keputusan di antara berbagai pilihan yang dibedakan oleh hal-hal yang bersifat ilmiah;
  5. Menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupannya, terutama memilih di antara cara-cara yang telah dikenal manusia berdasarkan pertimbangan ilmiah; dan
  6. Mengenali dan menghargai peran Kimia dalam memecahkan permasalahan umat manusia; dan
  7. Memahami dampak dari perkembangan Kimia terhadap perkem-bangan teknologi dan kehidupan manusia di masa lalu, maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya.
Demikian Materi Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 baik semester 1 maupun semester 2 yang dapat kami bagikan kali ini. Namun kami menyadari bawha materi yang kami sajikan di atas jauh dari kesempurnaan. Olehnya itu kami tetap mengharapkan saran yang bersifat membangun dari sahabat. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter