Hukum Dalton Tentang Hukum Kelipatan Perbandingan

Hukum Dalton (Hukum Kelipatan Perbandingan) - Dalam ilmu kimia diketahui bahwa hukum kelipatan perbandingan merupakan salah satu hukum dasar dari stoikiometri. Perlu sahabat pahami bawha stoikiometri merupakan ilmu yang mempelajari dan menghitung hubungan kuantitatif dari reaktan dan produk dalam reaksi kimia (persamaan kimia). Hukum ini juga kadang-kadang disebut hukum Dalton yang diambil dari nama kimiawan Inggris John Dalton, tetapi biasanya hukum Dalton merujuk kepada hukum tekanan parsial. Hukum ini menyatakan bahwa apabila dua unsur bereaksi membentuk dua atau lebih senyawa, maka perbandingan berat salah satu unsur yang bereaksi dengan berat tertentu dari unsur yang lain pada kedua senyawa selalu merupakan perbandingan bilangan bulat sederhana.
Hukum Dalton (Hukum Kelipatan Perbandingan)
Hukum Dalton Tentang Hukum Kelipatan Perbandingan

Hukum Dalton (Hukum Kelipatan Perbandingan)

Dua unsur dapat membentuk lebih dari satu macam senyawa. Misalnya unsur karbon dengan oksigen dapat membentuk karbon monoksida dan karbon dioksida. John Dalton (1766–1844) mengamati adanya suatu keteraturan perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa. Berdasarkan percobaan yang dilakukan Dalton diperoleh data sebagai berikut:

Tabel hasil percobaan Dalton
No.
Jenis senyawa
Massa nitrogen yang dihasilkan (gram)
Massa oksigen yang dihasilkan (gram)
Massa senyawa yang terbentuk (gram)
1
Nitrogen monoksida
0,875
1,00
1,875
2
Nitrogen dioksida
1,75
1,00
2,75
Perbandingan nitrogen dalam senyawa nitrogen dioksida dan nitrogen monoksida:
1, 75 : 0, 875 = 2 : 1

John Dalton pertama kali mengemukakan pengamatan ini pada 1803. Berdasarkan hasil percobaan tersebut, Dalton menyimpulkan bahwa:
Apabila dua jenis unsur bergabung membentuk lebih dari satu macam senyawa maka perbandingan massa unsur dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat sederhana.

Contoh Soal

Karbon dan oksigen dapat membentuk dua macam senyawa yaitu CO dan CO2. Jika kandungan karbon pada senyawa CO dan CO2 berturut-turut 42,85% dan 27,2%. Apakah data ini sesuai hukum Dalton?
Jawab:
Dimisalkan senyawa CO dan CO2 masing-masing 100 gram.

Tabel Perbandingan massa C dan O pada senyawa CO dan CO2
Senyawa
Massa senyawa (gram)
Massa karbon (gram)
Massa oksigen (gram)
Massa karbon : Massa oksigen
CO
100
42,85
57,15
42,85 : 57,15 = 
1 : 1,33
CO2
100
27,2
72,8
27,2 : 72,8 = 
1 : 2,67
Perbandingan massa oksigen dalam CO2 dan CO = 2,67 : 1,33 = 2 : 1. Perbandingan massa oksigen dalam kedua senyawa adalah bulat sederhana, sesuai dengan hukum Dalton.

Penjelasan dari contoh soal di atas:
Misalnya karbon bereaksi dengan oksigen membentuk karbondioksida (CO2) dan karbonmonoksida (CO). Jika jumlah karbon yang bereaksi pada masing-masing adalah 1 gram, maka diamati bahwa pada karbonmonoksida yang terbentuk akan terdapat 1,33 gram oksigen dan 2,67 gram oksigen pada karbondioksida. Perbandingan massa oksigen mendekati 2 : 1, yang perbandingan bilangan bulat sederhana, mematuhi hukum perbandingan berganda tersebut.

Contoh Soal Lainnya:

Pengamatan serupa juga terjadi pada reaksi-reaksi lain, seperti hidrogen dan oksigen membentuk air (H2O) dan hidrogen peroksida (H2O2). Jika hidrogen yang bereaksi masing-masing 1 gram, H2O yang terbentuk akan mengandung 4 gram oksigen, dan 8 gram pada H2O2. Jadi perbandingan keduanya juga sama dengan 2 : 1, dan tentunya nilai tersebut sesuai dengan hukum kelipatan perbandingan dari John Dalton.

Demikian penjelasan mengenai Hukum Dalton mengenai Hukum Kelipatan Perbandingan. Perlu juga sahabat ketahui bahwa Dalton atau yang bernama lengkap John Dalton juga sebagai bapak pencetus teori atom modern, terlebih lagi karena teorinya dapat menerangkan Hukum kekekalan massa Lavoisier serta Hukum perbandingan tetap Proust. Semoga bermanfaat.

Pustaka:
[Hukum Kelipatan Perbandingan – RumusKimia.net]
[John Dalton – Wikipedia Indonesia]
[Materi Kimia SMA/MA]
[Gambar/Foto – Google Images]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter