Teori Atom Dalton Serta Kelemahan dan Kelebihannya

Teori Atom Dalton Serta Kelemahan dan Kelebihannya – Atom merupakan salah satu materi pelajaran dalam Kimia. Tidak heran jika banyak sekali teori yang menjelaskan tentang definisi atom hingga saat ini. Teori atom yang paling tua dikenal adalah teori atom Dalton. Dalam teori atom Dalton terdapat kelebihan dan kelemahan di dalamnya yang berkenaan dengan atom itu sendiri.
Teori Atom Dalton Serta Kelemahan dan Kelebihannya
John Dalton - Teori Atom Dalton Serta Kelemahan dan Kelebihannya

Bunyi Teori Atom Dalton

  1. Semua materi terdiri dari partikel yang tak dapat dibagi lagi yang disebut atom.
  2. Atom dari unsur yang sama adalah serupa dalam hal bentuk dan massa, tetapi atom unsur satu berbeda dari atom unsur lain.
  3. Atom tidak dapat diciptakan atau dihancurkan.
  4. Atom unsur yang berbeda dapat digabungkan satu sama lain dalam rasio tertentu untuk membentuk senyawa.
  5. Atom dari unsur yang sama dapat bergabung dalam lebih dari satu rasio untuk membentuk dua atau lebih senyawa.
  6. Atom adalah unit terkecil dari materi yang dapat berpengaruh terhadap reaksi kimia.
Baca juga: Pengertian Atom Secara Modern

Kelebihan Teori Atom Dalton

  1. Memungkinkan kita untuk menjelaskan hukum kombinasi kimia.
  2. Dalton adalah orang pertama yang mengakui perbedaan yang bisa diterapkan antara partikel dari suatu unsur (atom) dan dari senyawa (molekul).

Kelemahan Teori Atom Dalton

  1. Ketidakterpisahan atom terbukti salah, karena, atom dapat dibagi lagi menjadi proton, neutron dan elektron. Namun atom adalah partikel terkecil, yang sangat berpengaruh dalam reaksi kimia.
  2. Menurut Dalton, atom-atom dari unsur yang sama adalah sama dalam segala hal. Pernyataan ini salah karena atom dari beberapa unsur berbeda dalam hal massa dan kepadatan. Atom seperti dari unsur yang sama memiliki massa yang berbeda disebut isotop. Misalnya, klorin memiliki dua isotop yang memiliki nomor massa 35 dan 37 satuan massa atom (sma).
  3. Dalton juga mengatakan atom elemen yang berbeda berbeda dalam segala hal. Hal ini telah terbukti salah dalam kasus-kasus tertentu seperti atom argon dan atom kalsium, yang memiliki massa atom yang sama yaitu 40. Atom unsur berbeda yang memiliki massa atom yang sama disebut isobar.
  4. Menurut Dalton atom unsur yang berbeda bergabung dalam rasio nomor sederhana keseluruhan untuk membentuk senyawa. Hal ini tidak terlihat pada senyawa organik kompleks seperti gula C12H22O11.
  5. Teori ini gagal untuk menjelaskan keberadaan alotrop. Perbedaan sifat arang, grafit, berlian tidak dapat dijelaskan karena ketiganya terdiri dari atom yang sama yaitu karbon.

Demikian penjelasan kali ini mengenai Teori atom Dalton Serta Kelemahan dan Kelebihannya yang dapat kami share khusus sahabat. Semoga penjelasan di atas dapat menjadi sumber belajar yang baik bagi sahabat. - Rumus Kimia

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter