Perbedaan Nomor Atom dan Nomor Massa

Perbedaan Nomor Atom dan Nomor Massa - Suatu atom memiliki sifat dan massa yang khas satu sama lain. Dengan penemuan partikel penyusun atom yang dikenal dengan istilah nomor atom (Z) dan nomor massa (A). Penulisan lambang atom unsur menyertakan nomor atom dan nomor massa.

Penulisannya: AZ X

Keterangan:
A = nomor massa
Z = nomor atom
X = lambang unsur

Perbedaan Nomor Atom dan Nomor Massa

Walaupun nomor massa dengan nomor atom sama-sama partikel penyusun dari sebuah atom, namun keduanya tentunya memiliki perbedaan. Untuk memahami perbedaan keduanya, berikut ulasannya:
Perbedaan Nomor Atom dan Nomor Massa
Perbedaan Nomor Atom dan Nomor Massa

1. Nomor Atom (Z)

Nomor atom (Z) menunjukkan jumlah proton (muatan positif) atau jumlah elektron dalam atom tersebut. Nomor atom ini merupakan ciri khas suatu unsur. Oleh karena atom bersifat netral maka jumlah proton sama dengan jumlah elektronnya, sehingga nomor atom juga menunjukkan jumlah elektron. Elektron inilah yang nantinya paling menentukan sifat suatu unsur. Nomor atom ditulis agak ke bawah sebelum lambang unsur.

Henry Gwyn-Jeffreys Moseley (1887 – 1915) pada tahun 1913 menemukan bahwa jumlah muatan positif dalam inti atom merupakan sifat khas masing-masing unsur. Atom-atom dari unsur yang sama memiliki jumlah muatan positif yang sama. Moseley kemudian mengusulkan agar istilah nomor atom diberi lambang Z, untuk menyebutkan jumlah muatan positif dalam inti atom.

Nomor atom unsur menunjukkan jumlah proton dalam inti. Setelah dilakukan percobaan, diketahui bahwa atom tidak bermuatan listrik yang berarti dalam atom jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif, sehingga nomor atom juga menunjukkan jumlah elektron dalam unsur. Misalnya, unsur oksigen memiliki nomor atom 8 (Z = 8), berarti dalam atom oksigen terdapat 8 proton dan 8 elektron

2. Nomor Massa (A)

Massa elektron sangat kecil dan dianggap nol sehingga massa atom ditentukan oleh inti atom yaitu proton dan neutron. Nomor massa (A) menyatakan banyaknya proton dan neutron yang menyusun inti atom suatu unsur. Nomor massa ditulis agak ke atas sebelum lambang unsur.

Nomor massa yang biasanya diberi lambang A. Nomor massa ini digunakan untuk menentukan jumlah nukleon dalam atom suatu unsur. Nukleon sendiri adalah partikel penyusun inti atom yang terdiri dari proton dan neutron.

Cara Mengetahui atau Menentukan Nomor Massa dan Nomor Atom

Dalam penulisan atom, nomor massa (A) ditulis di sebelah kiri atas, sedangkan nomor atom (Z) ditulis di sebelah kiri bawah dari lambang unsur.
Perbedaan Nomor Atom dan Nomor Massa
Untuk ion (atom bermuatan positif atau negatif) maka notasi ion, jumlah proton, neutron, dan elektron adalah:
Perbedaan Nomor Atom dan Nomor Massa
Keterangan:
X = lambang unsur
A = nomor massa
Z = nomor atom
p = proton
n = neutron
e = elektron
q = nilai ion positif
r = nilai ion negatif

Catatan:

  • Untuk atom netral, jumlah proton sama dengan jumlah elektron.
  • Untuk ion positif, jumlah proton (muatan positif) lebih banyak daripada elektron (muatan negatif).
  • Untuk ion negatif, jumlah elektron (muatan negatif) lebih banyak daripada proton (muatan positif).

Contoh Soal

1) 126C  mempunyai jumlah proton, neutron, dan elektron sebagai berikut.

p = Z = 6
n = A – Z  = 126 = 6
Karena atom netral (tak bermuatan) maka:
e = p = 6.

2) Pada ion 199  mempunyai jumlah proton, neutron, dan elektron sebagai berikut.

p = Z = 9
n = A – Z  = 199 = 10
Karena muatan F adalah – artinya bernilai –1 maka r = 1, sehingga:
e = p + r  = 9 + 1 = 10

3) 8838Sr 2+  mempunyai jumlah proton, neutron, dan elektron sebagai berikut.
p = Z = 38
n = A – Z = 8838 = 50
Karena muatan Sr adalah 2+, maka q = 2 sehingga:
e = p – q  = 38 – 2 = 36
Baca Juga Penjelasan Kimia Lainnya: Fraksi Minyak Bumi dalam Penjelasan Kimia.
Demikian penjelasan mengenai perbedaan nomor atom dan nomor massa dalam sebuah atom suatu unsur. Jadi nomor atom yang dilambangkan dengan huruf Z menunjukkan jumlah proton (muatan positif) atau jumlah elektron dalam atom, sedangkan nomor massa yang dilambangkan dengan huruf A menyatakan banyaknya proton dan neutron yang menyusun inti atom suatu unsur. Semoga bermanfaat dan jika ada kekurangan, kami mohon saran dari sahabat. Serta sahabat juga dapat berdiskusi melalui form komentar di bawah, terima kasih.

Pustaka:
[Perbedaan Nomor Atom dan Nomor Massa - RumusKimia.net 2017]
[Kimia SMA/MA Kelas 10]
[Gambar - Sebagian dari Google Images]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter