Tata Nama Eter Dilengkapi Contoh Penamaanya

Tata Nama EterRumusKimia.net berikut akan berbagi penjelasan tentang tata nama Eter. Namun sebelum itu sahabat perlu mengetahui perbedaan antara Eter dengan Alkana. Perbedaan yang paling mencolok antara alkana dan eter adalah jenis gugus fungsinya. Senyawa eter memiliki gugus fungsi –OR (gugus alkoksi). Gugus fungsi alkoksi menggantikan satu atom karbon pada alkana. Rumus umum dari eter adalah CnH2n+2O.

Berdasarkan rumus tersebut, kita dapat mengetahui rumus kimia suatu eter dengan cara menghitung jumlah atom C-nya. Tabel berikut memperlihatkan rumus kimia beberapa senyawa eter.

Tata Nama Eter

Dari rumus umum eter, dapatkah Anda menentukan struktur kimia dan tata namanya? Struktur kimia eter adalah R – O – R. R adalah gugus alkil. Adapun tata cara memberi nama eter secara IUPAC adalah sebagai berikut.

Aturan Penamaan Senyawa Eter

  1. Periksalah jenis gugus fungsinya. Jika memiliki gugus –OR, berarti senyawa tersebut merupakan senyawa eter.
  2. Rantai alkil yang jumlah atom C-nya paling sedikit disebut gugus alkoksi, sedangkan yang jumlahnya paling banyak disebut rantai induk.
  3. Gugus alkoksi diberi nama dengan cara mengganti akhiran -ana pada alkana menjadi akhiran -oksi, sedangkan rantai induk diberi nama seperti nama alkana berdasarkan jumlah atom C-nya.
  4. Jika jumlah atom C lebih dari 4, beri nomor pada rantai induk sedemikian rupa sehingga gugus –OR menempel pada atom C yang paling kecil. Kemudian, tuliskan nomor, diikuti nama gugus alkoksi berdasarkan jumlah atom C-nya, dan diakhiri dengan nama rantai induk.

Contoh Tata Nama Eter

1. Tentukanlah nama senyawa eter berikut.

Tata Nama Eter
Jawab:

Tata Nama Eter
Gugus alkoksi: – O – CH2 – CH3 (etoksi)
Rantai induk: CH3 – CH2 (etana)
Jadi, nama senyawa tersebut adalah 1-etoksi etana.

Tata Nama Eter
Gugus alkoksi: – O – CH2 – CH3 (etoksi)
Rantai induk: CH3 – CH2 – CH2 (propana)
Jadi, nama senyawa tersebut adalah 1-etoksi propana.

Tata Nama Eter
Jadi, nama senyawa tersebut adalah 2-etoksi propana.

Tata Nama Eter
Jadi, nama senyawa tersebut adalah 1-metoksi-2-metil-butana.

Selain nama IUPAC, eter juga memiliki nama trivial. Cara menentukan nama trivial eter cukup mudah. Tentukanlah nama alkil setiap rantai karbon. Tuliskan secara berurut dari nama alkil terkecil dan diikuti kata eter. Jika ada nama alkil yang sama, di depan nama alkil tersebut ditambahkan awalan di (2).

Contoh Tata Nama Trivial Senyawa Eter
2. Tentukanlah nama trivial senyawa eter berikut.

Tata Nama Eter
Jawab:

a. Senyawa eter ini memiliki dua rantai alkil yang jumlah atom C-nya sama, yakni 2 (etil). Jadi, nama trivialnya adalah dietil eter.

b. Senyawa eter ini memiliki dua rantai alkil yang jumlah atom C-nya berbeda, yakni 2 (etil) dan 3 (propil). Jadi, nama trivialnya adalah etil propil eter.

c. Senyawa eter ini memiliki dua rantai alkil yang jumlah atom C-nya berbeda, yakni 2 (etil) dan 3 (isopropil). Jadi, nama trivialnya adalah etil isopropil eter.

Demikian materi kimia kali ini mengenai Tata Nama Eter yang dapat kami bagikan kepada sahabat Kimia, semoga memberikan manfaat dalam pengembangan ilmu kimia.

Baca juga penjelasan tentang:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter