Rumus Perhitungan Molalitas dan Contoh Soal Jawab

Perhitungan Molalitas - Materi Kimia berikut tentang Perhitungan MolalitasDalam perhitungan molaritas, kuantitas larutan didasarkan pada volume. Sahabat tentu tahu bahwa volume merupakan fungsi suhu (zat akan memuai ketika dipanaskan).
Perhitungan Molalitas
Perhitungan Molalitas
Oleh karena sifat koligatif larutan dipengaruhi suhu, diperlukan suatu besaran yang tidak bergantung pada suhu. Besaran tersebut dinyatakan berdasarkan massa karena massa tidak bergantung pada suhu, baik dari kuantitas zat terlarut maupun pelarutnya. Untuk itu, digunakan molalitas yang menyatakan jumlah partikel zat terlarut (mol) setiap 1 kg pelarut (bukan larutan). Larutan yang dibuat dari 1 mol NaCl yang dilarutkan dalam 1.000 g air dinyatakan sebagai larutan 1 molal dan diberi lambang 1 m NaCl. Molalitas didefinisikan dengan persamaan berikut.


Rumus atau Persamaan Perhitungan Molalitas

Perhitungan Molalitas

Keterangan:
m = molalitas (mol/kg)
Mr = massa molar zat terlarut (g/mol)
massa = massa zat terlarut (g)
p = massa zat pelarut (g)

Molalitas juga berguna pada keadaan lain, misalnya karena pelarut merupakan padatan pada suhu kamar dan hanya dapat diukur massanya, bukan volumenya sehingga tidak mungkin dinyatakan dalam bentuk molaritas. Perhatikanlah contoh soal penentuan molalitas berikut.

Contoh Perhitungan Molalitas

  • Sebanyak 30 g urea (Mr = 60 g/mol) dilarutkan ke dalam 100 g air. Hitunglah molalitas larutan.
Jawab:
Perhitungan Molalitas
Jadi, molalitas larutan urea adalah 5 m.

  • Berapa gram NaCl yang harus dilarutkan dalam 500 g air untuk menghasilkan larutan 0,15 m?
Jawab:
Molalitas artinya jumlah mol zat terlarut per kilogram pelarut. 0,15 m berarti 0,15 mol NaCl dalam 1 kg (1.000 g) air.
0,15 mol NaCl dalam 1.000 g H2O
Untuk menghitung jumlah mol NaCl yang diperlukan untuk 500 g H2O, kita dapat menggunakan hubungan tersebut sebagai faktor konversi. Kemudian, kita dapat menggunakan massa molar NaCl untuk mengubah mol NaCl menjadi massa NaCl.

Perhitungan Molalitas
Jadi, massa NaCl yang harus dilarutkan pada 500 g air untuk menghasilkan larutan 0,15 m adalah 4,38 g.

Demikian penjelasan singkat tentang Perhitungan Molalitas yang dapat dibagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat. Lihat juga penjelasan tentang Tetapan Kesetimbangan Air, Struktur Senyawa KarbonTata Nama Eter Dilengkapi Contoh Penamaanyadan Tata Nama Alkohol Rantai Lurus Beserta Contohnya.

Sumber: RumusKimia.net

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter