Rumus Kimia Gliserol

Rumus Kimia Gliserol – Berikut RumusKimia.net akan update materi kimia tentang rumus kimia gliserol. Gliserol dalam bahasa Inggris disebut glycerol / glycerin / glycerin. Glisero merupakan senyawa gliserida yang paling sederhana, dengan hidroksil yang bersifat hidrofilik dan higroskopik. Gliserol merupakan komponen yang menyusun berbagai macam lipid, termasuk trigliserida. Gliserol terasa manis saat dikecap, dan di anggap tidak beracun.

Rumus Kimia Gliserol

Rumus kimia gliserol yaitu C3H8O3
Rumus Kimia Gliserol

Rumus Kimia Gliserol
Rumus Bangun Gliserol
  • Kepadatan: 1,26 g/cm³
  • Nama IUPAC: propane-1,2,3-triol
  • Massa molar: 92,09382 g/mol
  • Titik lebur: 17,8 °C
  • Titik didih: 290 °C
  • Klasifikasi: Poliol

Gliserol dapat diperoleh dari proses saponifikasi dari lemak hewan, transesterifikasi pembuatan bahan bakar biodiesel dan proses epiklorohidrin serta proses pengolahan minyak goreng. Pengertian gliserol adalah sebuah komponen utama dari semua lemak dan minyak, dalam bentuk ester yang disebut gliserida. Molekul trigliserida terdiri dari satu molekul gliserol dikombinasikan dengan tiga molekul asam lemak.

Gliserol ditemukan untuk memiliki berbagai macam kegunaan dalam pembuatan berbagai produk dalam negeri, industri, dan farmasi. Saat ini, nama gliserol mengacu pada senyawa kimia murni dan komersial dikenal sebagai gliserin.

Gliserol (CH2OH.CHOH.CH2OH atau propana-1, 2, 3-triol), dalam bentuk murni, bening, tidak berwarna, tidak berbau, cairan kental manis. Ini benar-benar larut dalam air dan alkohol, sedikit larut dalam banyak pelarut umum seperti eter dan dioksan, dan tidak larut dalam hidrokarbon. Pada suhu rendah, gliserol kadang-kadang membentuk kristal yang cenderung meleleh pada 17,9 ° C. Gliserol cair mendidih pada 290 ° C di bawah tekanan atmosfer normal. Berat jenis 1.26 dan berat molekul adalah 92,09. - Rumus Kimia Gliserol.

Gliserol tersebar luas di semua organisme hidup sebagai konstituen dari gliserida. Hal ini digunakan sebagai antibeku molekul oleh organisme tertentu. Selama pencernaan, gliserol dibagi dari asam lemak dan dapat bergabung dengan mereka untuk membentuk lemak yang disimpan dalam tubuh atau digunakan sebagai bahan bakar tubuh untuk menyediakan energi.

Penggunan Medis - Rumus Kimia Gliserol

Dalam bentuk supositoria rektal, gliserol mengurangi sembelit dengan pelunakan tinja yang keras. Gliserol digunakan dalam krim pelembab untuk membantu mencegah kekeringan dan retak kulit (misalnya, digunakan untuk melindungi puting selama menyusui). Gliserol juga digunakan dalam tetes telinga untuk membantu melunakkan kotoran telinga sebelum menyemprot dari telinga, dan sebagai obat batuk untuk membantu menenangkan batuk kering yang menjengkelkan.

Jadi sebagai kesimpulan dari ulasan di atas mengenai Rumus Kimia Gliserol yaitu C3H8O3. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel