Polimer Alami Karbohidrat Golongan Monosakarida

Polimer Alami Karbohidrat Golongan Monosakarida – Pada kesempatan kali ini, kami akan share materi kimia tentang polimer alami karbohidrat monosakarida. Diketahui bahwa pengertian monosakarida adalah karbohidrat yang paling sederhana karena hanya terdiri atas satu unit sakarida. Suatu monosakarida mengandung gugus karbonil dan hidroksil.

Monosakarida

Suatu monosakarida memiliki dua gugus fungsi, yaitu gugus karbonil (C = O) dan gugus hidroksil (–OH). Monosakarida dapat dikelompokkan berdasarkan letak gugus karbonilnya. Jika letak gugus karbonil di ujung, berarti monosakaridanya digolongkan ke dalam golongan aldosa.

Disebut aldosa karena gugus karbonil yang berada di ujung membentuk gugus aldehid. Jika gugus karbonil terletak di antara alkil, berarti gugus fungsional digolongkan sebagai golongan ketosa. Disebut ketosa karena gugus karbonilnya membentuk gugus keton. Jenis monosakarida yang tergolong aldosa adalah glukosa dan galaktosa, sedangkan yang tergolong ketosa adalah fruktosa.

Pada glukosa, posisi –OH yang sama adalah pada C ke-4 dan ke-5, sedangkan pada galaktosa posisi –OH yang sama adalah pada C ke-3 dan ke-4.

Monosakarida

Bagaimanakah dengan fruktosa? Fruktosa memiliki gugus karbonil yang terletak di antara alkil, posisi –OH yang sama adalah pada C ke-4 dan ke-5. Perhatikanlah struktur berikut.

Monosakarida
Monosakarida banyak ditemukan di alam. Tahukah Anda, bahan-bahan apa saja yang mengandung monosakarida? Glukosa banyak terdapat di dalam buah-buahan yang sudah masak atau matang, terutama buah anggur. Darah manusia juga mengandung glukosa sehingga glukosa biasa disebut gula darah. Fruktosa sering ditemukan dalam bentuk campuran dengan glukosa. Fruktosa banyak terkandung di dalam buah-buahan dan madu.

Struktur dan Nomenklatur (penamaan) Kelompok Monosakarida

Dengan beberapa pengecualian (contohnya deoksribosa), monosakarida mempunyai rumus kimia umum Cx(H2O)y, di mana x minimal 3. Monosakarida dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah atom karbon (atau jumlah x) yang terkandung: diosa (2) triosa (3) tetrosa (4), pentosa (5), heksosa (6), heptosa (7), dan seterusnya.

Jenis monosakarida yang paling penting, glukosa, merupakan heksosa. Contoh dari heptosa adalah manoheptulosa ketosa dan sedoheptulosa. Monosakarida dengan atom karbon 8 atau lebih jarang ditemukan karena agak tidak seimbang.

Contoh lainnya:
  • triosa: gliseraldehida dan dihidroksiaseton
  • tetrosa: eritrosa
  • pentosa: liksosa, ribosa, dan deoksiribosa
  • heksosa: idosa, glukosa, fruktosa, dan galaktosa.
Itulah penjelasan singkat dari materi kimia tentang Polimer Alami Karbohidrat Golongan Monosakarida yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami bagikan di atas dapat memberikan manfaat dan dimanfaatkan ke arah yang lebih baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan Kimia. - Rumus Kimia

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter