Cara Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Cara Bilangan Oksidasi (Biloks)

Cara Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Cara Bilangan Oksidasi (Biloks) - Rumuskimia.net berikut ini akan berbagi materi tentang Cara Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Cara Bilangan Oksidasi (Biloks). Reaksi redoks sederhana dapat disetarakan dengan mudah, namun reaksi yang rumit harus ditangani secara khusus. Ada dua cara untuk menyetarakan reaksi dengan cara redoks, yaitu dengan cara bilangan oksidasi dan cara setengah reaksi/ion elektron. Namun kali ini cara penyetaraan yang akan kami bagikan khusus dengan cara bilangan oksidasi.
Cara Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Cara Bilangan Oksidasi (Biloks)
Cara Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Cara Bilangan Oksidasi (Biloks)
Baca juga:

Cara Bilangan Oksidasi

Penyetaraan persamaan reaksi redoks menggunakan cara bilangan oksidasi (biloks) dilakukan dengan cara menyamakan jumlah elektron yang dilepas oleh reduktor dan elektron yang diikat oleh oksidator. Banyaknya elektron yang dilepas ataupun diterima ditentukan melalui perubahan biloks yang terjadi.

Dalam reaksi redoks, H2O sering terlibat di dalam reaksi. Oleh karena itu, molekul H2O perlu dituliskan dalam persamaan reaksi. Begitu pula ion H+ dan OH, kadang-kadang perlu dituliskan dalam persamaan reaksi redoks untuk menyatakan apakah reaksi berlangsung dalam suasana asam atau basa.

Langkah-langkah Cara Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Cara Bilangan Oksidasi (Biloks)

Misalkan ada pertanyaan begini:
Setarakan persamaan untuk reaksi antara kalium permanganat dan natrium sulfit dengan hadirnya asam sulfat untuk membentuk kalium sulfat, mangan(II) sulfat, natrium sulfat, dan air!
Jawab:

Langkah 1
kalium permanganat + natrium sulfit + asam sulfat) kalium sulfat + mangan (II) sulfat + natrium sulfat + air

Langkah 2

KMnO4(aq) + Na2SO3(aq) + H2SO4(aq)  K2SO4(aq) + MnSO4(aq) + Na2SO4(aq) + H2O(l)
(reaksi belum setara)

Langkah 3
Tentukan bilangan oksidasi setiap unsur dalam persamaan itu:

Cara Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Cara Bilangan Oksidasi (Biloks)

Langkah 4
Pilihlah unsur-unsur yang mengalami perubahan dalam bilangan oksidasi, artinya yang mengalami oksidasi atau reduksi.
Cara Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Cara Bilangan Oksidasi (Biloks)

Langkah 5
Samakan jumlah elektron yang dilepas dan diikat agar jumlah elektron yang dilepaskan sama dengan yang diikat. Jumlah elektron yang dilepaskan harus dikalikan 5, jadi 2 × 5 = 10 elektron. Adapun jumlah elektron yang diikat dikalikan 2 sehingga menjadi 5 × 2 = 10 elektron. Persamaan menjadi:

2 KMnO4(aq) + 5 Na2SO3(aq) + ? H2SO4(aq) K2SO4(aq) + 2 MnSO4(aq) + 5 Na2SO4(aq) + ? H2O(l)

Langkah 6
Dengan memeriksa ruas kiri dan ruas kanan, tentukan banyaknya mol yang belum disetarakan, dalam hal ini H2SO4 dan H2O yang diperlukan untuk menyetarakan persamaan. Seperti yang ditunjukkan oleh persamaan dalam langkah 5, 8 mol belerang ditunjukkan di sebelah kanan (K2SO4, 2 MnSO4, dan 5 Na2SO4). Agar di kiri juga menunjukkan 8 mol, harus ditetapkan 3 mol untuk H2SO4.

2 KMnO4(aq) + 5 Na2SO3(aq) + 3 H2SO4(aq) K2SO4(aq) + 2 MnSO4(aq) + 5 Na2SO4(aq) + ? H2O(l)

Banyaknya air dapat dihitung dengan dua cara:
  1. Banyaknya total atom oksigen yang ditunjukkan di ruas kiri persamaan terakhir adalah 35 dan di kanan adalah 32 mol, tidak termasuk H2O. Jadi, harus ditambahkan 3 mol air.
  2. Banyaknya atom hidrogen yang ditunjukkan di kiri adalah 6 mol (3 H2SO4). Jadi, harus ditetapkan 3 mol air.

Jadi, sebagai hasil akhir dari persamaan reaksi yang setara adalah

2 KMnO4(aq) + 5 Na2SO3(aq) + 3 H2SO4(aq) K2SO4(aq) + 2 MnSO4(aq) + 5 Na2SO4(aq) + 3 H2O(l)
Demikian bagaimana Cara Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Cara Bilangan Oksidasi (Biloks) lengkap dengan langkah-langkahnya, semoga penjelasan di atas dapat menjadi referensi yang baik bagi kita semua. Jika ada kekeliruan dalam penjelasan di atas, mohon saran dari sahabat Kimia.

Pustaka:
[Kimia Kelas XII IPA oleh Iman Rahayu Tahun 2009]
[Rumus Kimia]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter