Rumus Kimia Perak

Rumus Kimia Perak – Materi berikut mengenai rumus kimia perak yang akan dijelaskan RumusKimia.net khusus sahabat sekalian. Dimana kita ketahui bahwa yang dimaksud perak adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Argentum.
Rumus Kimia Perak
Perak - Rumus Kimia Perak

Rumus Kimia Perak

Rumus kimia perak yakni Ag yang merupakan salah satu unsur kimia. [Coba cek di Sitem Periodik Unsur Modern].
Rumus Kimia Perak

Sebuah logam transisi lunak, putih, mengkilap, perak memiliki konduktivitas listrik dan panas tertinggi di seluruh logam dan terdapat di mineral dan dalam bentuk bebas. Logam ini digunakan dalam koin, perhiasan, peralatan meja, dan fotografi. Perak termasuk logam mulia seperti emas.

Perak termasuk logam mulia karena tidak mengalami proses korosif, namun perak bisa mengalami proses oksidasi. Proses oksidasi pada perak mengakibatkan lapisan kehitaman dan timbulnya karat pada logam tersebut, beda hal-nya dengan proses korosi.

Pemanfaatn Perak - Rumus Kimia Perak

Perak atau silver sendiri juga memiliki manfaat bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari perak atau silver :

1. Sebagai perhiasan selain emas
Manfaat perak paling utama adalah sebagai salah satu perhiasan. Perak tidak dapat mengalami korosi, sama seperti emas, namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk perhiasan dari emas. Karena itu, perak dapat menjadi salah satu alternative dari perhiasan, seperti cincin, gelang, kalung dan juga anting.

2. Sebagai Investasi
Perak juga dapat anda gunakan sebagai salah satu bahan investasi. Meskipun memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan harga emas, namun demikian harga perak cenderung lebih stabil, dan dapat anda jadikan salah satu investasi logam mulia yang menarik untuk kebutuhan anda kelak.

3. Sebagai peralatan makan
Manfaat perak dalam kehidupan manusia juga digunkan sebagai salah satu bahan utama dari pembuatan peralatan makan, seperti garpu, sendok, sumpit dan juga cawan. Biasanya, peralatan makan degan bahan perak ini jauh lebih berkualitas daripada peralatan makan yang terbuat dari stainless steel biasa. Anda dapat menemukan peralatan makan dari bahan perak ini pada restoran fine dinning dan juga berbagai hotel bintang 5, yang menyajikan unsur kemewahan.

4. Sebagai penghantar listrik, pengganti kawat tembaga
Perak memilki konduktivitas listrik yang jauh lebih baik dibandingkan tembaga. Maka dari itu, perak dapat dimanfaatkan sebagai pengganti dari kawat listrik yang berbahan dasar tembaga. Hambatan yag lebih kecil membuat perak dapat membantu mengalirkan arus listrik menjadi lebih lancar dan juga lebih baik lagi.

5. Sebagai Mata busi
Busi merupakan salah satu komponen kecil yang sangat penting dalam kendaraan bermotor, seperti sepeda motor, mobil, alat berat dan juga genset. Busi berfungsi untuk mengalirkan listrik atau bunga api, agar dapat terbakar pada ruang pembakaran mesin, yang anntinya akan menyalakan mesin, dan mengeluarkan tenaga mesin. Salah satu bahan mata busi yang terbaik adalah busi silver, yang terbuat dari manfaat perak. Dengan hambatan yang kecil, maka bunga api yang dihasilkan akan menjadi lebih besar dan juga lebih baik untuk proses pembakaran di dalam mesin.

6. Sebagai bahan baku pembuatan medali
Anda pasti sudah sering mendengar mengenai hal ini. ya, medali emas, medali perak dan juga medali perunggu. Perak merupakan salah satu bahan utama pembuatan medali perak, yang dicampur beberapa unsur lain untuk menekan harga produksi dari medali tersebut. Biasanya medali perak diberikan untuk merka yang berada pada juara 2, atau di bawah emas. Hal ini memang menunjukkan kualitas perak, yang berada di bawah emas.

7. Bahan baku pembuatan uang koin
Salah satu manfaat dari perak yang saat ini mulai ditinggalkan adalah sebagai salahsa tu bahan pembuatan uang koin. Saat ini, uang koin sudah jarang dibuat dari perak, karena faktor biaya produksi. Namun demikian, perak pernah menjadi salah satu alat tukar berupa uang koin yan gsangat populer, yang bersanding dengan uang koin yang berbahan dasar emas untuk prosese transaksi jual beli.

8. Antimikroba dan dapat mencegah infeksi dan iritasi
Ternyata perak juga memilki sifat yang alami sebagai anti mikroba dan juga anti iritasi. Itulah sebabnya, perhiasan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar perak tidak akan membuat kulit anda menjadi merah-merah dan iritasi karena alergi.

9.  Sebagai ornament dan hiasan
Perak juga sering sekali dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan ornamen-ornamen dan juga hiasan pada rumah. Biasanya ornament dn juga hiasan ini dapat berupa pajangan.

Nach itulah Rumus Kimia Perak (Ag) yang bisa RumusKimia.net share untuk pembahasan materi Kimia pada kesempatan ini. Semoag ulasan danpenjelasan di atas bermanfaat bagi kita semua.

Lihat juga Rumus Kimia Air.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter