16 Peran Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Peran Kimia dalam Kehidupan – Di awal pembelajaran kimia di tingkat sekolah menengah atas atau madrasah aliyah, dipelajari peran kimia dalam kehidupan. Dalam berbagai bidang kehidupan, banyak hal yang senantiasa melibatkan peran dari ilmu kimia. Jadi mempelajari Kimia di bangku sekolah/madrasah ataukah di perguruan tinggi, tidak serta merta hanya sebagai penuntun kelengkapan kurikulum semata. Akan tetapi memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan saat ini, terlebih semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi hari ke hari.
Peran Kimia dalam Kehidupan
Peran Kimia dalam Kehidupan

Peran Kimia dalam Kehidupan

Olehnya itu sebelum sahabat mendalami lebih jauh mengenai ilmu kimia di berbagai tingkatan sekolah/madrasah ataukah perguruan tinggi, sebaiknya sahabat mengetahui peran kimia dalam kehidupan. Berikut ini merupakan segelintir peranan kimia dalam 16 bidang kehidupan:

1. Peran Kimia dalam Bidang Biologi

Peranan kimia di bidang biologi tak bisa dilepaskan, mengingat dari objek2 biologi yang terdiri dari unsur2 senyawa kimia. Pembelajaran enzim, hormon, termasuk contoh dari adanya peranan kimia di dalam ilmu biologi. Ilmu kimia bermanfaat untuk mempelajari mekanisme metabolisme dalam sel-sel hidup, mempeljari peran senyawa-senyawa organik seperti protein, lemak, dan karbohidrat dalam tubuh.

2. Peran Kimia dalam Bidang Fisika

Digunakan untuk membantu penemuan material-material baru dalam bidang listrik (semikonduktor), magnet.

3. Peran Kimia dalam Bidang Kesehatan

Bahan-bahan kimia sering digunakan sebagai obat-obatan. Obat dibuat berdasarkan hasil penelitian terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat secara medis terhadap suatu penyakit. Hal ini dipelajari dalam cabang ilmu Kimia Farmasi. Contohnya, etanol atau alkohol digunakan dalam proses pelarutan obat dan sebagai pensteril alat-alat kedokteran.
   

4. Peran Kimia dalam Bidang Pertanian

Kimia di bidang pertanian sangatlah penting pada era modern seperti ini. Kemajuan dari ilmu kimia berperan dalam penemuan dan pembuatan komposisi baru pada pertanian seperti pada pembuatan obat pembasmi hama yang notabene terdiri dari bahan-bahan kimia, kemudian sekarang ini juga telah berkembang banyak jenis dari pupuk-pupuk kimia di pasaran yang juga merupakan hasil dari kemajuan ilmu kimia di bidang pertanian.

5. Peran Kimia dalam Bidang Pertenakan

Ilmu kimia pada bidang pertenakan sangat berperan khususnya untuk pertenakan di era modern ini. Kemajuan dari ilmu kimia mendorong terobosan-terobosan baru yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dari hasil pertenakan ini, contohnya pada penggunaan hormon penggemuk sapi yang tak lepas dari eksperimen-eksperimen kimia di dalam pembuatannya, dan juga pada proses pengolahan dari limbah itu sendiri menjadi pupuk, yang  di dalamnya terkandung dari proses-proses pengolahan senyawa2 kimia seperti gas methana, ammonia dan gas organik lainnya.

6. Peran Kimia dalam Bidang Permesinan

Manfaat Ilmu kimia juga bisa mengenai bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatan mesin, mempelajari sifat, komposisi bahan bakar dan minyak pelumas mesin.
   

7. Peran Kimia dalam Bidang Geologi

Bidang ini berkaitan dengan penelitian batu-batuan (mineral) dan pertambangan gas dan minyak bumi. Proses penentuan unsur-unsur yang menyusun mineral dan tahap pendahuluan untuk eksplorasi, menggunakan dasar-dasar ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu memahami serta mengerti temuan para peneliti tentang bebatuan atau benda-benda alam.

8. Peran Kimia dalam Bidang Dunia Seni

Industri kimia menghasilkan cat untuk memperindah suatu bahan atau bangunan. Bahan kimia yang ada dalam cat tembok antara lain kalsium karbonat, titanium dioksidapolivinil akrilik, kaolin pigmen, dan air.

9. Peran Kimia dalam Bidang Hukum

Di Bidang Hukum Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.
    

10. Peran Kimia dalam Bidang Industri

Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia
   

11. Peran Kimia dalam Bidang Arsitektur

Kimia berperan penting dalam bidang arsitektur. Dengan kemajuan ilmu kimia maka berkembang pula keragaman arsitektur, variasi model, dan bahan-bahannya. Bahan2-baham baru hasil eksperimen dari berbagai senyawa kimia telah menghasilkan banyak komposisi di bidang arsitektur, contohnya dengan adanya penggunaan semen.

12. Peran Kimia dalam Bidang Teknik Sipil

Bahan-bahan yang digunakan dalam bidang ini adalah semen, kayu,  cat, paku, besi, paralon (pipa PVC), lem dan sebagainya. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam hal ini adalah agar bahan-bahan bangunan tersebut dapat diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dikemudian hari.

13. Peran Kimia dalam Bidang Ilmu Forensik

Para ilmuwan forensic menggunakan bahan kimia untuk memecahkan masalah-masalah criminal. Bahan kimia yang digunakan antara lain sianoakrilat, perak klorida, dan ninhidrin.

14. Peran Kimia dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [Peran Kimia dalam Kehidupan]

Terciptanya PLTN, yaitu suatu sumber energi baru berdaya guna sangat besar yang pada prinsipnya menggunakan teori pemecahan maupun penggabungan atom. Sering disebut reaksi fisi maupun reaksi fusi.

15. Peran Kimia dalam Bidang Komputasi

Seperti telah kita ketahui di awal bahwa salah sau komponen perangkat keras (hardware) computer adalah Microchip terbuat dari silicon yang tentu saja di perlukan ilmu kimia untuk membuatnya. Selain itu bagian paling luar computer adalah plastik yang juga hasil industri kimia.

16. Peran Kimia dalam Bidang Fotografi

Penemuan foto berwarna juga tidak terlepas dari peranan kimia dalam membuat zat warna yang peka terhadap cahaya.

Demikianlah beberapa Peran Kimia dalam Kehidupan yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Sebenarnya kemungkinan masih banyak lagi peran ilmu kimia yang mungkin belum kita ketahui, namun semoga peranan kimia pada 16 bidang kehidupan di atas dapat memberikan gambaran betapa pentingnya ilmu kimia itu dalam kehidupan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel