Rumus Kimia Aluminium Sulfat

Rumus Kimia Aluminium Sulfat – Update kali ini dari RumusKimia.net berkenaan dengan rumus kimia aluminium sulfat. Bahwa aluminium sulfat merupakan senyawa kimia dengan rumus Al2(SO4)3. aluminium sulfat larut dalam air dan terutama digunakan sebagai agen flocculating dalam pemurnian air minum tanaman dan air limbah pengobatan, dan juga di bidang manufaktur kertas.
Rumus Kimia Aluminium Sulfat
Aluminium Sulfat Serbuk - Rumus Kimia Aluminium Sulfat

Rumus Kimia Aluminium Sulfat

Aluminium Sulfat memiliki rumus kimia Al2(SO4)3
Aluminium sulfat kadang-kadang disebut sebagai jenis tawas. Alum adalah garam sulfat ganda, dengan rumus AM(SO4)2 • 12H2O, di mana A adalah monovalen kation seperti kalium atau amonium dan M adalah ion logam trivalen seperti aluminium. Bentuk anhidrat terjadi

Aluminium sulfat dapat dibuat dengan menambahkan aluminium hidroksida, Al(OH)3, asam sulfat, H2SO4:
2Al(OH)3 + 3H2SO4 → Al2(SO4)3 + 6H2O
atau dengan memanaskan logam aluminium dalam larutan asam sulfat:
2Al(s) + 3H2SO4 → Al2(SO4)3 + 3H2 (g)

Reaksi Kimia - Rumus Kimia Aluminium Sulfat

Senyawa terurai ke gamma-alumina dan sulfur trioksida jika dipanaskan antara 580 dan 900 ° C. Ini menggabungkan dengan air membentuk garam terhidrasi dari berbagai komposisi.

Aluminium sulfat bereaksi dengan natrium bikarbonat yang busa stabilizer telah ditambahkan, memproduksi karbon dioksida untuk busa pemadam kebakaran:
Al2(SO4)3 + 6NaHCO3 → 3Na2SO4 + 2Al(OH)3 + 6CO2
Karbon dioksida terperangkap oleh stabilizer busa dan menciptakan busa tebal yang akan mengapung di atas bahan bakar hidrokarbon dan menutup akses ke oksigen atmosfer, dibekap api. Busa kimia tidak cocok untuk digunakan pada pelarut polar seperti alkohol, sebagai bahan bakar akan bercampur dengan dan memecah selimut busa.

Karbon dioksida yang dihasilkan juga berfungsi untuk mendorong busa keluar dari wadah, baik itu alat pemadam kebakaran portable atau instalasi tetap menggunakan hoselines. Busa kimia dianggap usang di Amerika Serikat dan telah digantikan oleh busa mekanik sintetis, seperti AFFF yang memiliki kehidupan rak lagi, lebih efektif, dan lebih fleksibel, meskipun beberapa negara seperti Jepang dan India terus menggunakannya.

Pemanfaatan dari Aluminium Sulfat

Aluminium sulfat digunakan dalam pemurnian air dan sebagai pedas dalam pencelupan dan pencetakan tekstil. Dalam pemurnian air, hal itu menyebabkan kotoran mengental menjadi partikel yang lebih besar dan kemudian menetap ke bagian bawah wadah (atau disaring) lebih mudah. Proses ini disebut koagulasi atau flokulasi. Penelitian menunjukkan bahwa di Australia, aluminium sulfat digunakan dengan cara ini dalam pengolahan air minum adalah sumber utama dari gas hidrogen sulfida dalam sistem saluran pembuangan sanitasi. Aplikasi yang tidak benar dan kelebihan akan mencemari pasokan air.

Ketika dilarutkan dalam jumlah besar air netral atau sedikit basa, aluminium sulfat menghasilkan endapan gelatin dari aluminium hidroksida, Al(OH)3. Dalam pencelupan dan pencetakan kain, endapan gelatin membantu pewarna mematuhi serat pakaian dengan rendering pigmen larut.

Aluminium sulfat kadang-kadang digunakan untuk mengurangi pH tanah kebun, karena menghidrolisis untuk membentuk endapan aluminium hidroksida dan larutan asam sulfat encer. Sebuah contoh dari apa yang mengubah tingkat pH tanah bisa dilakukan untuk tanaman terlihat ketika melihat Hydrangea macrophylla.

Tukang kebun dapat menambahkan aluminium sulfat ke tanah untuk mengurangi pH yang pada gilirannya akan menghasilkan bunga dari Hydrangea berubah warna yang berbeda (biru). Aluminium adalah apa yang membuat bunga-bunga biru; pada pH yang lebih tinggi, aluminium tidak tersedia untuk tanaman. Dengan demikian, kedua aluminium dan sulfur menjaga tanaman biru.

Nach sebagai kesimpulan bahwa Rumus Kimia Aluminium Sulfat yaitu Al2(SO4)3. Demikian dan semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter