Sifat-sifat Eter Secara Umum, Manfaat Senyawa Eter, dan Rumus Umum Senyawa Eter

Sifat-sifat Eter Secara Umum, Manfaat Senyawa Eter, dan Rumus Umum Senyawa Eter - Tahukah sahabat apa itu senyawa eter? bagaimana sifat-sifat eter secara umum? apa manfaat eter? dan apa rumus umum senyawa eter?

Nach baiklah kali ini rumuskimia.net akan mencoba membahas beberapa pertanyaan di atas, dan semoga dapat memberikan manfaat bagi penulis dan sahabat.

Sifat-sifat Eter Secara Umum, Manfaat Senyawa Eter, dan Rumus Umum Senyawa Eter
Contoh Cairan Senyawa Eter (Sumber: Shopee Image)

Sifat-sifat Eter Secara Umum

Secara umum, eter merupakan cairan tak berwarna yang mudah menguap, mudah terbakar, titik didih relatif rendah, melarutkan senyawa kovalen, sedikit larut dalam air, anestetik, serta kurang reaktif dibanding alkohol.

Eter adalah senyawa turunan alkana dengan rumus umum CnH2n+2O yang memiliki gugus fungsi -O-, sehingga dapat dituliskan R-O-R. Gugus fungsi tersebut menjadi penentu sifat senyawa tersebut, baik sifat fisika maupun sifat kimia. Secara umum, sifat eter adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan cairan yang mudah menguap dan mudah terbakar.
  2. Titik didihnya lebih rendah daripada alkohol dengan massa molekul relatif sama.
  3. Sedikit larut dalam air.
  4. Bersifat anestetik.
  5. Bereaksi dengan HX (dalam suasana asam) menghasilkan alkohol dan haloalkana.
  6. Bereaksi dengan HX menghasilkan dua mol haloalkana dan air.
  7. Bereaksi dengan PCl5 menghasilkan dua haloalkana (R-X) dan POCl3

Lihat Juga: Pengertian, Rumus Umum dan Jenis-jenis Senyawa Amina

 

Manfaat Senyawa Eter

Berikut ini beberapa manfaat dari senyawa eter:

  1. Eter dimanfaatkan sebagai pelarut nonpolar, zat anestesi, dan sebagai zat aditif bahan bakar kendaraan.
  2. Eter merupakan senyawa nonpolar sehingga banyak digunakan sebagai pelarut nonpolar, misalnya lemak dan minyak, contoh senyawanya dietil eter.
  3. Senyawa dietil eter juga dapat digunakan sebagai zat anestesi. Akan tetapi sudah ditinggalkan karena memberikan efek samping yaitu mual dan pusing.
  4. Senyawa eter yaitu metiltersierbutil eter (MTBE) digunakan sebagai zat aditif pada bensin untuk menaikkan bilangan oktan bensin. Namun, juga ditinggalkan karena dapat mencemari air dan bersifat karsinogenik.

Rumus Umum Senyawa Eter

Senyawa eter adalah senyawa turunan alkana yang memiliki rumus umum sama seperti alkohol, yaitu CnH2n+2O dan memiliki gugus alkoksi (-O-R) di mana R adalah alkil dengan jumlah C yang paling sedikit. Lalu, senyawa eter juga dapat ditulis dengan lambang R-O-R’, dimana R dan R’ ini adalah gugus alkil yang dapat sama, ataupun berbeda.

Demikian ulasan singkat mengenai sifat-sifat eter secara umum, manfaat eter, dan rumus umum senyawa eter. Semoga bermanfaat.

Sumber: penulis rumuskimia.net (ditulis 31 Januari 2022) dan https: //roboguru. ruangguru. com/ question/ (akses 31 Januari 2022 Jam 22.58 WITA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel