Bilangan Kuantum Azimut (l) Beserta Contohnya

Bilangan Kuantum Azimut (l) – Diketahui bahwa bilangan kuantum azimut sering juga disebut dengan bilangan kuantum anguler (sudut / momentum sudut). Energi sebuah elektron berhubungan dengan gerakan orbital yang digambarkan dengan momentum sudut. Momentum sudut tersebut dikarakterisasi menggunakan bilangan kuantum azimut.

Bilangan azimut menyatakan bentuk suatu orbital dengan simbol (l) "huruf L kecil". Bilangan kuantum azimut juga berhubungan dengan jumlah subkulit. Nilai ini menggambarkan subkulit yang dimana elektron berbeda. Untuk subkulit s,p,d,f bilangan kuantum azimut berturut-turut adalah 0,1,2,3.
Lihat juga:

Contoh Bilangan Kuantum Azimut

Nilai bilangan kuantum azimut atau (l) ini bergantung pada nilai bilangan kuantum utama atau (n). Untuk nilai n tertentu, l mempunyai nilai bilangan bulat yang mungkin dari 0 sampai (n-1). Bila n-1, hanya ada satu nilai l yakni l =n-1=1-1=0. Bila n=2, ada dua nilai l, yakni 0 dan 1. Bila n=3, ada tiga nilai l, yakni 0,1, dan 2. Nilai-nilai l biasanya ditandai dengan huruf s,p,d,f... sebagai berikut:
Bilangan Kuantum Azimut
Contoh Bilangan Kuantum Azimut
Jadi bila l =0 kita mempunyai sebuah orbital s, bila l =1 kita mempunyai orbilat f, dan seterusnya.

Sekumpulan orbital-orbital dengan nilai n yang sama seringkali disebut kulit. Satu atau lebih orbital dengan nilai n dan l yang sama dirujuk selalu subkulit. Misalnya kulit dengan n=2 terdiri atas 2 subkulit, l=0 dan 1 (nilai-nilai l yang diizinkan untuk n=2). Subkulit-subkulit ini disebut subkulit 2s dan subkulit 2p di mana 2 melambangkan nilai n, sedangan s dan p melambangkan nilai l.

Tabel Bilangan Kuantum Azimut

Tabel dibawah ini menunjukkan keterkaitan jumlah kulit dengan banyaknya subkulit serta jenis subkulit dalam suatu atom.
Bilangan Kuantum Azimut
Nach demikian penjelasan kali ini dari RumusKimia.net mengenai bilangan kuantum azimut (I) atau yang biasa juga disebut sebagai bilangan kuantum anguler atau momentum sudut. Dan semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam pengembangan pengetahuan kimia. – Rumus Kimia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel