Cara Pembuatan Polimer atau Reaksi Polimerisasi

Pembuatan Polimer – Sahabat RumusKimia.net, kali ini kami akan berbagi penjelasan mengenai bagaimana cara Pembuatan Polimer dalam Kimia. Penjelasan yang akan kami bagikan berikut merupakan penjelasan yang dapat dijadikan sebagai penunjang dalam kesuksesan belajar materi Kimia khusus kelas XII SMA atau MA jurusan IPA. Setelah sebelumnya dijelaskan apa sebenarnya polimer itu, nach sekarang akan dibahas bagaimana pembuatan polimer.
Pembuatan Polimer
Contoh Hasil dari Pembuatan Polimer
Baca juga:

Pembuatan Polimer

Dalam pelajaran kimia ini, proses atau reaksi pembentukan polimer biasa juga disebut sebagai reaksi polimerisasi. Untuk pembagiannya, berdasarkan jenis monomernya, ada dua cara pembentukan polimer, yaitu cara adisi dan kondensasi. Nach untuk lebih jelasnya mengenai kedua cara pembuatan polimer tersebut serta mengetahui perbedaan keduanya, berikut ulasannya khusus sahabat:

1. Reaksi Polimerisasi Adisi (Pembuatan Polimer dengan Cara Adisi)

Pada reaksi polimerisasi ini, monomernya merupakan senyawa alkena, yaitu hidrokarbon takjenuh yang berikatan rangkap dua. Reaksi polimerisasi adisi dari alkena membentuk polialkena. Secara umum, reaksi polimerisasi adisi dapat dirumuskan sebagai berikut.

Pembuatan Polimer

Polimer-polimer yang terbentuk melalui reaksi polimerisasi adisi antara lain polietena (PE), polivinil klorida (PVC), karet alam, teflon, dan polipropena. Bagaimanakah persamaan reaksinya? Perhatikan tabel berikut.

Reaksi Polimerasi Adisi Beberapa Senyawa
Pembuatan Polimer
[Klik Gambar Untuk Memperbesar/memperjelas]

2. Reaksi Polimerisasi Kondensasi (Pembuatan Polimer dengan Cara Kondensasi)

Ciri khas reaksi polimerisasi kondensasi adalah monomernya mengandung gugus fungsi dan dihasilkannya produk samping, seperti H2O, HCl, NH3, dan CH3COOH. Produk samping ini merupakan gabungan dari gugus fungsi setiap monomer.

Secara umum, reaksi polimerisasi kondensasi dituliskan sebagai berikut.

Pembuatan Polimer

Senyawa yang terbentuk melalui reaksi polimerisasi kondensasi, di antaranya protein, nilon, dan plastik polietilentereftalat (PET). Perhatikanlah tabel berikut untuk mengetahui reaksi polimerisasi senyawa-senyawa tersebut.

Reaksi Polimerasi Kondensasi Beberapa Senyawa
Reaksi Polimerasi Kondensasi Beberapa Senyawa
[Klik Gambar Untuk Memperbesar/memperjelas]
Sebagai pengingat untuk sahabat, bahwa polimer dapat diartikan sebagai senyawa besar yang terbentuk dari penggabungan unit-unit molekul kecil yang disebut monomer (mono = satu).

Nach demikian penjelasan mengenai materi Kimia kelas XII SMA atau MA jurusan IPA tentang bagaimana Cara Pembuatan Polimer yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, dan semoga penjelasan kami ini dapat dengan mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter