Cara Menghitung pH atau Pengukuran pH

Cara Menghitung pH atau Pengukuran pH – Untuk bagaimana cara menghitung pH atau pengukuran pH suatu larutan dapat dilakukan dengan tiga pilihan cara. Cara yang dapat di pilih yaitu dengan menggunakan beberapa indikator, menggunakan indikator universal, dan dengan memanfaatkan alat khusus pengukur pH yaitu pH-meter.

Nach untuk lebih jelasnya mengenai Cara Menghitung pH atau Pengukuran pH, berikut penjelasan dari RumusKimia.net:

1. Menggunakan Beberapa Indikator - Cara Menghitung pH

Cara Menghitung pH yang pertama yakni dengan penggunaan beberapa indikator. Indikator yang dimaksud adalah asam organik lemah atau basa organik lemah yang dapat berubah warna pada rentang harga pH tertentu (James E. Brady, 1990).

Harga pH suatu larutan dapat diperkirakan dengan menggunakan trayek pH indikator. Indikator memiliki trayek perubahan warna yang berbeda-beda. Dengan demikian dari uji larutan dengan beberapa indikator akan diperoleh daerah irisan pH larutan.

Contoh, suatu larutan dengan brom timol biru (6,0–7,6) berwarna biru dan dengan fenolftalein (8,3–10,0) tidak berwarna, maka pH larutan itu adalah 7,6–8,3. Hal ini disebabkan jika brom timol biru berwarna biru, berarti pH larutan lebih besar dari 7,6 dan jika dengan fenolftalein tidak berwarna, berarti pH larutan kurang dari 8,3.
Cara Menghitung pH
Trayek Perubahan pH Beberapa Indikator Asam-Basa

2. Menggunakan Indikator Universal

pH suatu larutan juga dapat ditentukan dengan menggunakan indikator universal, yaitu campuran berbagai indikator yang dapat menunjukkan pH suatu larutan dari perubahan warnanya. Warna indikator universal larutan dapat dilihat pada tabel berikut:

Cara Menghitung pH

3. Menggunakan pH–meter

Cara Menghitung pH yang ketiga yakni dengan menggunakan alat khusus yang disebut pH-meter. pH–meter merupakan alat pengukur pH dengan ketelitian yang sangat tinggi. PH meter adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk mengukur pH (derajat keasaman atau kebasaan) suatu cairan (ada elektroda khusus yang berfungsi untuk mengukur pH bahan-bahan semi-padat). Sebuah pH meter terdiri dari sebuah elektroda (probe pengukur) yang terhubung ke sebuah alat elektronik yang mengukur dan menampilkan nilai pH.
Cara Menghitung pH
Cara Menghitung pH dengan pH-Meter
Itulah bagaimana cara menghitung pH atau Pengukuran pH yang dapat dibagikan kepada sahabat, semoga dapat memberikan manfaat bagi sahabat. (Saran yang bersifat membangun sangat diharapkan dari sahabat jika terdapat kekeliruan dalam penjelasan kami).

Baca juga penjelasan kimia lain berikut:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter