Rumus Kimia Kapur

Rumus Kimia Kapur – Materi Kimia berikut mengenai penjelasan dari rumus kimia kapur. Kapur adalah sebuah benda putih dan halus terbuat dari batu sedimen, membentuk bebatuan yang terdiri dari mineral kalsium. Biasanya kapur relatif terbentuk di laut dalam dengan kondisi bebatuan yang mengandung lempengan kalsium plates (coccoliths) yang dibentuk oleh mikroorganisme coccolithophores. Biasanya lazim juga ditemukan batu api dan chert yang terdapat dalam kapur.
Rumus Kimia Kapur
Kapur - Rumus Kimia Kapur

Rumus Kimia Kapur

CaCO3 merupakan rumus kimia kapur.
Kapur sendiri dasarnya berasal dari batu kapur. Batu kapur dalam bahasa Inggris disebut limestone (CaCO3) adalah sebuah batuan sedimen terdiri dari mineral calcite (kalsium carbonate). Sumber utama dari calcite ini adalah organisme laut. Organisme ini mengeluarkan shell yang keluar ke air dan terdeposit di lantai samudra sebagai pelagic ooze (lihat lysocline untuk informasi tentang dissolusi calcite).

Calcite sekunder juga dapat terdeposi oleh air meteorik tersupersaturasi (air tanah yang presipitasi material di gua). Ini menciptakan speleothem seperti stalagmit dan stalaktit. Bentuk yang lebih jauh terbentuk dari Oolite (batu kapur Oolitic) dan dapat dikenali dengan penampilannya yang granular. Batu kapur membentuk 10% dari seluruh volume batuan sedimen.

Pemanfaatan Kapur dalam Bidang Pertanian - Rumus Kimia Kapur

Pemberian kapur (pengapuran) adalah salah satu tindakan perbaikan (ameliorasi) tanah agar pH tanah meningkat. Tanah yang terlalu masam (pH rendah) tidak dapat menyediakan beberapa hara mineral penting bagi tanaman, seperti fosfor dan kalsium, dan sebaliknya meningkatkan kelarutan beberapa mineral yang dapat meracun (toksik) bagi tanaman. Pemberian kapur (liming), baik kapur kalsium maupun yang mengandung magnesium, dapat memperbaiki kesuburan tanah dan meningkatkan hasil.

Jenis kapur yang diberikan tergantung dari tujuan pengapuran: kapur giling (kalsit super), kapur tohor atau kapur hidup (kalsit, quicklime), dolomit, kapur mati atau kapur tembok (slaked lime, Ca(OH)2), kapur liat atau marl, kapur bara (slag), dan cangkang kerang.

Itulah Rumus Kimia Kapur yang dapat dijelaskan pada pembahasan Kimia dari RumusKimia.net kali ini dan semoga penjelasan singkat di atas dapat bermanfaat bagi sahabat terutama bagi penulis sendiri.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter