Rumus Kimia Kalsium Karbonat

Rumus Kimia Kalsium KarbonatRumusKimia.net akan update penjelasan dalam materi Kimia mengenai rumus kimia kalsium karbonat. Diketahui bahwa kalsium karbonat ialah senyawa kimia dengan formula CaCO3. Senyawa ini merupakan bahan yang umum dijumpai pada batu di semua bagian dunia, dan merupakan komponen utama cangkang organisme laut, siput, bola arang, mutiara, dan kulit telur. 

Rumus Kimia Kalsium Karbonat

CaCO3 merupakan rumus kimia kalsium karbonat.
Rumus Kimia Kalsium Karbonat

Rumus Kimia Kalsium Karbonat


Kalsium karbonat ialah bahan aktif di dalam kapur pertanian, dan tercipta apabila ion Ca di dalam air keras bereaksi dengan ion karbonat menciptakan limescale. Ini biasanya digunakan dalam pengobatan sebagai tambahan kalsium atau sebagai antasida, tetapi konsumsi berlebihan bisa berbahaya.

Kalsium karbonat dapat dibuat dengan berbagai cara, antara lain :

1.   Reaksi antara gas CO2 dan Ca(OH)2

CO2 didapat dari pembakaran CaCO3 pada temperatur tinggi. CaCO3 yang dibakar tersebut menghasilkan CaO dan CO2. Berikut reaksinya:
CaCO3  → CaO  +  CO2
CO2 kemudian direaksikan dengan Kalsium hidroksida untuk menghasilkan Kalsium karbonat. Berikut reaksinya:
CO2  +  Ca(OH)2  → CaCO3  + H2O

2.  Reaksi antara Ca(OH)2 dan Na2CO3 akan menghasilkan kalsium karbonat dengan reaksi seperti di bawah ini:

Ca(OH)2  +  Na2CO3 → CaCO3  + NaOH

Pemanfaatab Kalsium Karbonat - Rumus Kimia Kalsium Karbonat

Kalsium karbonat memiliki banya kegunaan, diantaranya :
  • Sumber kapur CaO
  • Senyawa penetral
  • Bahan pengisi pada pembuatan karet dan plastik
  • Bahan pembuat cat
  • Bahan pengisi pembuatan kertas
  • Bahan pembuat pasta gigi
  • Bahan untuk semen portland
  • Penyerap buangan gas SO2
  • Untuk meproduksi gas CO2

Kalsium karbonat bila dipanaskan akan pecah dan menjadi serbuk remah yang lunak yang dinamakan calsium oksida (CaO). Hal ini terjadi karena pada reaksi tersebut setiap molekul dari kalsium akan bergabung dengan 1 atom oksigen dan molekul lainnya akan berikatan dengan oksigen menghasilkan CO2 yang akan terlepas ke udara sebagai gas karbon dioksida. dengan reaksi sebagai berikut:
CaCO3 → CaO + CO2 
Reaksi ini akan berlanjut apabila ditambahkan air, reaksinya akan berjalan dengan sangat kuat dan cepat apabila dalam bentuk serbuk, serbuk kalsium karbonat akan melepaskan kalor. Molekul dari CaCO3 akan segera mengikat molekul air (H2O) yang akan menbentuk kalsium hidroksida, zat yang lunak seperti pasta. Sebagaimana ditunjukkan pada reaksi sebagai berikut:
CaCO3 + H2O → Ca(OH)2 + CO2
Nach itulah penjelasan mengenai Rumus Kimia Kalsium Karbonat untuk update artikel kali ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa lihat juga Kumpulan Rumus Kimia.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter