Rumus Kimia Fruktosa

Rumus Kimia Fruktosa - Berikut akan sedikit diuraikan secara sederhana mengenai rumus kimia fruktosa untuk pembahasan kimia dari RumusKimia.net pada kesempatan kali ini. Fruktosa atau gula buah yaitu monosakarida yang ditemukan di banyak jenis tumbuhan dan merupakan salah satu dari tiga gula darah penting bersama dengan glukosa dan galaktosa, yang bisa langsung diserap ke aliran darah selama pencernaan. Fruktosa ditemukan oleh kimiawan Perancis Augustin-Pierre Dubrunfaut pada tahun 1847.
Rumus Kimia Fruktosa

Rumus Kimia Fruktosa

Rumus Kimia Fruktosa

Rumus kimia yang dimiliki oleh fruktosa yaitu C6H12O6
Rumus Kimia Fruktosa

Rumus Kimia Fruktosa

Fruktosa adalah polihidroksiketon dengan 6 atom karbon. Fruktosa merupakan isomer dari glukosa; keduanya memiliki rumus molekul yang sama (C6H12O6) namun memiliki struktur yang berbeda.

Fruktosa murni rasanya sangat manis, warnanya putih, berbentuk kristal padat, dan sangat mudah larut dalam air. Fruktosa ditemukan pada tanaman, terutama pada madu, pohon buah, bunga, beri dan sayuran. Di tanaman, fruktosa dapat berbentuk monosakarida dan/atau sebagai komponen dari sukrosa. Sukrosa merupakan molekul disakarida yang merupakan gabungan dari satu molekul glukosa dan satu molekul fruktosa.

Sebagai gula yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan dan sayuran, dan ditambahkan ke berbagai minuman seperti soda dan minuman rasa buah. Namun, sangat berbeda dari gula lain karena memiliki jalur metabolisme yang berbeda dan bukan sumber energi yang lebih disukai untuk otot atau otak. Fruktosa hanya dimetabolisme di hati dan bergantung pada fructokinase untuk memulai metabolisme.

Hal ini juga lebih lipogenik, atau lemak memproduksi, daripada glukosa. Tidak seperti glukosa, juga, tidak menyebabkan insulin akan dilepaskan atau merangsang produksi leptin, hormon kunci untuk mengatur asupan energi dan pengeluaran. Faktor-faktor ini meningkatkan kekhawatiran tentang asupan kronis tinggi fruktosa diet, karena tampaknya berperilaku lebih seperti lemak dalam tubuh daripada seperti karbohidrat lainnya.

Nach demikian penjelasan singkat mengenai Rumus Kimia Fruktosa yang dapat dibagikan untuk penjelasan kimia kali ini, semoga bermanfaat dan coba lihat juga Rumus Kimia Asam Klorida.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter