Rumus Kimia Asam Karbonat

Rumus Kimia Asam Karbonat – Update dari RumusKimia.net kalo ono mengenai rumus kimia asam karbonat dimana asam karbonat adalah asam organik dengan rumus kimia H2CO3. Asam karbonat termasuk asam lemah.

Rumus Kimia Asam Karbonat

Rumus kimia asam karbonat yakni H2CO3

Rumus Kimia Asam Karbonat

Rumus Kimia Asam Karbonat

Keseimbangan Reaksi Kimia Asam Karbonat

Ketika karbon dioksida (CO2) larut dalam air (H2O) maka akan menghasilkan asam karbonat.
CO2 + H2O H2CO3. Asam karbonat bisa berubah menjadi ion bikarbonat (HCO3-) dan atom hidrogen.

Peranan Asam Karbonat dalam Darah - Rumus Kimia Asam Karbonat

Asam karbonat merupakan langkah intermediat dalam transpor CO2 ke luar dari tubuh melalui pertukaran gas secara pernapasan. Reaksi hidrasi CO2 umumnya sangat lambat tanpa adanya katalis, tetapi sel darah merah mengandung enzim karbonik anhidrase, yang dapat meningkatkan laju reaksi serta mendisosiasi ion hidrogen (H+) dari asam karbonat yang terbentuk, menghasilkan bikarbonat (HCO3-) yang larut dalam plasma darah. Reaksi yang terkatalisasi ini berbalik di paru-paru, di mana bikarbonat diubah kembali menjadi CO2 sehingga gas ini dapat dibuang ke luar. Keseimbangan ini berperan penting sebagai suatu larutan penyangga atau buffer dalam darah mamalia.

Asam karbonat memainkan peran penting dalam menjaga pH stabil tubuh. PH normal cairan tubuh adalah sekitar 7,4 dan harus dijaga mendekati nilai ini agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Jika terjadi perubahan pH, baik naik atau turun, enzim dapat berhenti berfungsi, otot dan saraf bisa mulai melemah, dan aktivitas metabolisme menjadi terganggu. Ion bikarbonat dilepaskan dari asam berfungsi sebagai penyangga yang membantu melawan perubahan pH. Ini berarti dapat bertindak sebagai asam atau basa saat diperlukan.


Asam didefinisikan sebagai zat yang melepaskan ion hidrogen menjadi larutan. Basa adalah zat yang menerima ion hidrogen mereka. Ketika ion hidrogen berlebih menumpuk dalam tubuh, yaitu cairan menjadi lebih asam, maka ion bikarbonat menerima ion hidrogen tambahan dan membuat pH tubuh pada tingkat normal. Pada keadaan terbalik, jika tingkat ion hidrogen turun terlalu banyak, yaitu cairan menjadi terlalu basa, maka asam karbonat menyerah ion hidrogen untuk menjaga pH darah normal. Proses ini juga terlihat selama transportasi oksigen dan karbon dioksida.

Asam karbonat bahkan muncul sebagai kejadian normal dalam hujan. Saat air hujan jatuh melalui udara, menyerap karbon dioksida, memproduksi asam karbonat. Dengan demikian, saat mencapai tanah, ia memiliki pH sekitar 5,5. Hal ini tidak harus bingung dengan hujan asam yang disebabkan ketika emisi, seperti sulfur oksida dan nitrogen oksida, dari pembakaran bahan bakar fosil naik ke udara. Karena jatuh, hujan menyerap komponen ini, menghasilkan asam yang dapat membuat pH pada hujan menjadi sesedikitnya dua.

Sebagai kesimpulan bahwa rumus kimia asam karbonat yaitu H2CO3. Demikian yang dapat dibagikan mengenai materi kimia yang telah di ulas di atas. Penulis berharap ulasan di atas dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita semua terkhusus bagi sahabat para pencinta kimia.

Lihat juga Rumus Kimia Bensin.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter